Tips Sukses Cara Jualan Online Bagi Pemula
Di era industry 4.0, berjualan tidak lagi hanya memanfaatkan pemasaran konvesional atau pemasaran offline. Justru, penjualan secara online melalui media daring dianggap lebih menarik dan mendatangkan banyak customer karena lebih efektif dan mudah. Karena kemudahannya itu, siapapun bisa menjual atau membeli barang secara online.
Dengan kemudahan, kesempatan dan peluang yang terbuka lebar, untuk meraih kesuksesan dalam berjualan online tetaplah tidak semudah membalikkan telapak tangan atau sekejap mata, pejuang bisnis online tetap memerlukan strategi.
Nih sob, kita kasih beberapa tips untuk sukses jualan online di tahun 2022 :
- Pahami kelebihan produkmu
Sekarang ini gampang banget buat kita nemuin produk yang kita cari di pasaran. Tapi, kebanyakan produk yang dijual di pasaran punya kegunaan yang sama atau hampir sama. Jadi, dalam membuat atau menjual produkmu, kamu harus paham nih sob apa sih kelebihan yang dimiliki produkmu, sehingga orang-orang harus banget coba dan rebuying produk kamu.
- Pelajari tentang data penjualan
Dalam berbisnis atau berjualan, data merupakan hal yang penting bahkan Peter Sondergaard pernah mengatakan jika data adalah minyak di abad 21, maka analisa data adalah mesin pembakarannya. Minimal, kamu harus tahu tentang data penjualan dan data yang berkaitan dengan upaya promosi produkmu.
Data Penjualan : dari sini kamu bisa tahu produk yang paling laku, produk apa yang disenangi oleh customer, produk apa yang sering dicari oleh customer, kapan penjualan berada pada puncaknya dan sebaliknya, serta hal lainnya.
Data Yang Berhubungan Dengan Upaya Promosi : untuk mendapatkan data ini, pastiin dulu sob kalau kamu udah menginstall dan ikutin panduan dari Google Analytics dan Google Tag Manager di website. Dari sini, kamu bisa tahu tentang siapa calon customer kamu, di mana tempat tinggal mereka, website atau page mana aja yang sering mereka kunjungi, dan data-data lain yang bisa banget ngebantu kamu buat memahami calon customermu dan mengambil langkah promosi terbaik untuk produkmu.
- Manfaatkan social media
Penggunaan social media yang massif berguna banget nih sob buat kamu promosiin dan menjual produk kamu. Sekarang ini, orang mau beli barang aja carinya di internet. Sebelum beli mereka cari manfaat, kelebihan, cek harga dan sebagainya dari internet. So, optimalin social media kalian buat promosi ya sob….
Nih beberapa hal yang bisa kamu lakuin untuk promosi dengan memanfaatkan social media kalian :
- Bikin konten menarik tentang produkmu
- Bikin konten review produkmu dari pelanggan atau influencer
- Update promo produkmu secara berkala
- Kasih info lengkap tentang social media lainnya dari produkmu
- Bikin iklan di social mediamu
- Optimalkan strategi word of mouth
Walaupun zaman semakin berkembang, strategi ini tetap eksis di dunia bisnis. Sebenernya banyak lho customer yang mau nyobain suatu produk tapi banyak juga takutnya, misalnya takut nggak cocok, takut nggak worth to buy, takut ini lah, takut itulah. Itulah kenapa mereka lebih sering nunggu testimoni dari pembeli lain yang udah nyobain produk itu duluan.
Kalau kamu punya dana lebih nih sob, bisa banget kalian coba promosi lewat influencer atau micro influencer di daerah kalian. Dari review mereka, calon customermu bisa lebih tahu dan yakin tentang kualitas produkmu.
- Berikan promo
Di dunia yang fana ini, siapa sih sob yang nggak tergiur kalo ada tulisan “PROMO!!!”, “BIG SALE!!!”, “DISKON!!!” atau kata-kata sejenis lainnya. Pasti semua orang suka banget kalo suatu produk udah masang kata-kata ajaib ini. Jadi, penting banget nih masukin key ini ke dalam promosi produkmu. Tapi tetep perlu ada perhitungan dan pertimbangan ya sob dalam memberikan promo, jangan sampe niatnya UNTUNG malah jadi BUNTUNG hehehehe…..
- Buat deskripsi produk yang menarik
Dalam mempromosikan produkmu, kamu harus memperhatikan kalimat yang digunain nih sob, jangan sampai kamu malah menyajikan kalimat yang ambigu atau menimbulkan kesalahan dalam pemahaman atas produk yang kamu jual. Itulah mengapa copywriting menjadi hal dasar tapi penting dalam berjualan online.
Setidaknya, dalam mendeskripsikan produkmu kamu harus menuliskan materi pemasaran dan promosi persuasive yang mampu mendorong orang atau calon customermu untuk mengambil beberapa tindakan, misalnya mengklik tautanmu, menyimpan postingan produkmu atau bahkan sampai membeli produkmu.