Tips Bersabar Menurut Islam

Sabar merupakan kata yang terdengar sederhana namun bagi orang banyak sulit untuk dilakukan. Menurut Wikipedia, sabar adalah kemampuan mengendalikan diri yang dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya. Allah SWT pernah berfirman, “Bersabarlah kalian, sungguh Allah bersama orang-orang yang sabar.”

Namun, seperti diketahui dan dirasakan bersama bahwa menjadi sabar tidaklah semudah itu. Kita harus senantiasa belajar dan memperbaiki diri untuk mendapatkan kesabaran itu. Jadi, nih kita kasih beberapa tips bersabar menurut Islam yang bisa kamu coba :

  1. Niat Lillahitaala (hanya karena Alah SWT)

Dengan meluruskan niat dalam menjalani hidup yaitu semata-mata karena Allah SWT dan mengharapkan ridho-Nya, Insya Allah akan membuahkan kesabaran. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Amal itu tergantung niatnya dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya hanya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Melakukan puasa sunah

Hakikat dari puasa ialah untuk menahan hawa nafsu misalnya lapar, emosi hingga syahwat. Dengan berpuasa sama saja melatih diri untuk memerangi hawa nafsu pada diri, sehingga dengan memperbanyak puasa sunnah Insya Allah akan dapat meningkatkan kesabaran diri. Melaksanakan puasa sunah juga merupakan salah satu metode yang efektif untuk belajar bersabar dan Insya Allah dapat mendatangkan pahala. Ada banyak puasa sunnah yang bisa kamu lakukan, seperti puasa sunah senin kamis, puasa sunah rafah, puasa sunah syawal dan masih banyak lainnya.

  1. Membaca Al-Quran

Al-quran yang berfungsi sebagai pedoman hidup umat Islam mengandung berbagai pelajaran hidup yang dapat digunakan manusia sebagai penuntun dalam kebaikan. Dengan kamu membaca dan megamalkan isi Al-quran dalam kehidupanmu, Insya Allah hidupmu akan terasa lebih baik dan terarah dalam menghadapi masalah, sehingga kesabaran akan muncul dan terus tumbuh pada dirimu.

  1. Memperbanyak dzikir dan berdoa

Ketika mengingat Allah, hatimu menjadi tenang. Jadi, senantiasalah mengingat Allah kapanpun dan di manapun kamu berada. Salah satu cara sederhana untuk senantiasa mengingat Allah yaitu dengan berdzikir. Selain itu, memintalah segala sesuatunya hanya kepada Allah SWT atau berdoa. Berdoa berfungsi untuk meningkatkan kesabaranmu. Kesabaran sendiri merupakan karunia yang Allah SWT berikan kepada hambanyam sehingga mintalah rasa sabar itu hanya kepada-Nya .

  1. Melatih dan membiasakan diri untuk bersabar

Kesabaran memang harus senantiasa dilatih agar terus meningkat dan menjadi sebuah kebiasaan. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw., “…barang siapa yang menyabar-nyabarkan diri (berusaha bersabar), maka Allah akan menjadikannya orang yang sabar…” (HR.Bukhari). Jadi, buat kamu yang ingin belajar menjadi manusia yang lebih sabar, yuk mulai dilatih dan dibiasakan ya.

  1. Mengelola emosi

Kesabaran muncul sebab dipengaruhi oleh emosi yang baik, sebaliknya pun begitu. Ketidaksabaran muncul sebab dipengaruhi oleh emosi yang tidak baik, sehingga untuk kamu yang sedang berlatih untuk menjadi lebih sabar tetap jaga emosimu agar rasa sabarmu tetap terkontrol.

  1. Berkawan dan berkumpul dengan orang-orang sholeh

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw. yang sudah sering kita dengar, “perumpamaan temah yang shalih dengan yang buruk itu seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Berteman dengan penjual minyak wangi akan membuatmu harum karena kamu bisa membeli minyak wangi darinya atau sekurang-kurangnya mencium bau wanginya, sedangkan berteman dengan pandai besi akan membakar badan dan bajumu atau kamu hanya akan mendapatkan bau tidak sedap.” (HR. Bukhari dan Muslim). Dari perumpaan itu, dapat dipahami bersama bahwa keadaan suatu lingkungan memiliki pengaruh yang besar pada perilaku dan sifat seseorang. Jadi, untuk kamu yang ingin menjadi lebih sabar, bergaullah dan berkumpullah dengan orang-orang yang sholeh agar kamu tertular sifat-sifat baik itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.