Penyebab Motivasi Hilang Atau Emosi Tidak Stabil

Akhir-akhir ini kamu merasa tidak bersemangat atau tidak antusias dalam melakukan sesuatu? Bisa saja itu karena kamu sedang kehilangan motivasimu. Motivasi diartikan sebagai alasan yang medorong seseorang untuk melakukan sesuatu guna mencapai sebuah tujuan. Nah, hilangnya suatu motivasi sebenarnya dapat berpengaruh pada berbagai aspek kehidupan.

Pada dasarnya, manusia memiliki motivasi yang tinggi dalam hidupnya, namun semakin dewasa dengan berjalannya waktu kita semakin mengerti bahwa ada hal yang membuat kita tidak termotivasi, tidak percaya diri atau yang lainnya. Sebenernya semua itu berkaitan dengan emosi negatif.

Emosi sendiri merupakan keadaan atau perasaan yang sedang dialami seseorang dan bisa berubah. Antara motivasi dan emosi saling berkaitan, mereka sama-sama memberikan pengaruh perilaku dan mengarahkan manusia untuk melakukan sesuatu. Emosi juga bisa menjadi sebuah motivasi untuk melakukan sesuatu, misalnya kamu sedang dilanda emosi bahagia penuh semangat, sehingga kamu memilik untuk menyelesaikan tugasmu hari ini agar besok kamu bisa lebih santai dan emosi bahagia itu bisa bertahan dengan lebih lama.

Menurut Psikiater dari Amerika Serikat, Alok Kanojia “Cara Utama Agar Kamu Dapat Menjaga Motivasimu Sebenarnya Ada Pada Bagaimana Kamu Mengelola Emosi Negatif Yang Muncul“.

Nih, ada beberapa hal yang bisa kmau lakuin ketika motivasimu sedang hilang ataupun emosimu sedang tidak stabil :

Kendalikan Hal Yang Ada Dalam Kapasitasmu

Motivasi dan emosi bukanlah hal yang bisa manusia kendalikan sepenunhnya, tapi kita bisa mengendalikan diri agar emosi yang baikĀ  tetap terjaga/ emosi yang negatif bisa berkurang, misalnya saat kamu sedang merasa sedih ya fokus nangis saja dulu, kerjaan atau tugasnya dikerjain nanti waktu udah tenang.

Coba Paksa Dirimu Dan Fokus Pada Hal Yang Bisa Kamu Kendalikan

Kalau lagi tidak termotivasi mungkin kamu harus sedikit memaksa diri untuk mengerjakannya dan let your motivation come. Hal itu lebih mungkin terjadi dan bisa kita kendalikan.

Menyadari Bahwa Kegagalan Akan Selalu Ada

Harus kamu pahami bahwa dalam hidup ini tidak semuanya mulus dan bisa berhasil 100% pada percobaan pertama. Jadi, yang namanya kegagalan pasti ada dan jangan menyesali kegagalan itu, bangkitlah lagi dan mulailah lari lagi untuk mengejar impianmu.

Buat Strategi Dan Rencana Cadangan Untuk Menghadapi Hal-Hal Di Depan

Dalam mengejar impian, kamu pasti memiliki cara atau strategimu sendiri dalam menggapainya, tapi selalu biasakan dirimu untuk memiliki rencana cadangan. Saat rencana utamamu tidak berjalan mulus, kamu sudah tahu apa yang harus kamu lakukan selanjutnya untuk tetap menjaga perjuanganmu tidak sia-sia.

Cari Support Systemmu

Support system bisa apa saja dan siapa saja, seperti orang yang kamu percaya, bisa mendengarkan dan memahamimu atau mungkin hobimu dan lain sebagainya.

Last but not least, jangan terlalu fokus pada hal-hal yang tidak bisa kamu kontrol, cobalah untuk fokus pada hal-hal yang bisa kamu lakuin untuk mengejar impianmu. So, kalaupun nanti hasil akhirnya nggak terlalu baik, kamu nggak akan merasa kecewa terlalu dalam karena kamu sudah berusaha semaksimal mungkin untuk meraih itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.