Cara Merubah Kebiasan Buruk Dan Hidup Menjadi Lebih Baik

Merubah suatu kebiasaan ke arah yang lebih baik memang nggak mudah tapi bukan berarti nggak bisa ya. Kadang, ada aja halangan atau godaan saat kita mau mencoba berubah lebih baik, misalnya mager, capek, perasaan suka menunda atau lainnya.

Sebenernya, ada beberapa alasan yang ngebuat kita susah merubah kebiasaan :

  1. Tubuh memang kesulitan untuk mengubah kebiasaan yang udah biasa kita lakuin sebab ada peranan dari bagian otak kita (memori procedural/basal ganglia) yang berfungsi merekam gerakan atau kegiatan kita menjadi refleks. Jadi, hal buruk yang mau kamu ubah itu terkadang susah dilakuin karena tubuh bakal langsung refleks aja gitu ngelakuin itu berkali-kali.
  2. Niat hidup sehat hanya sebagai ajang untuk menghukum diri, padahal mindset itu bahaya banget karena selain bisa bikin gangguan kesehatan pada fisikmu, hal itu juga bisa mengganggu kesehatan mentalmu. Keinginan mengubah habits yang buruk jadi baik harusnya bukan ajang untuk menghukum diri justru sebagai ajang pengapresiasian diri/self rewards supaya tubuh dan mentalmu jadi lebih sehat.

Langsung aja kita kasih beberapa tips atau cara untuk merubah kebiasaan buruk dan hidup menjadi lebih baik :

  1. Pahami alasanmu

Pertanyaan yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui apa sih alasanmu mau berubah menjadi lebih baik, sehat dan produktif? Apa sih motivasimu melakukan itu? Semuanya hanya kamu yang tahu dan paham.

  1. Tentukan targetmu

Target yang kurang jelas biasanya bikin kamu males-malesan dan nggak termotivasi untuk berubah. Mungkin kamu bisa pake metode S.M.A.R.T. atau Spesific (spesifik), Measurable (terukur), Attainable (dapat dicapai), Realistic (realistis), Time Bound (deadline).

  1. Kendalikan diri

Kamu harus menjaga dirimu biar nggak balik lagi ke kebiasaan lamamu, menjaga motivasimu agar tetap konsisten melakukan dan membiasakan kebiasaan barumu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.